Mengubah Kebiasaan Anda

Perubahan itu sulit,tapi Mengubah Kebiasaan Anda bukan tidak mungkin, tidak ada keraguan tentang itu. Kebiasaan lama sulit digeser, dan mengadopsi gaya hidup baru dapat terasa seperti perjuangan yang berat! Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang model yang sederhana namun kuat,Tahapan model perubahan, yang menjelaskan ilmu di balik transformasi pribadi.

kom

Anda akan menemukan bagaimana dan mengapa beberapa perubahan tetap terjadi sementara yang lain tidak bertahan lama, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun kebiasaan baru. Apa yang dimaksud dengan Tahapan Model Perubahan?

Dikembangkan oleh peneliti J.O. Prochaska dan Carlo C. DiClemente lebih dari 30 tahun yang lalu dan dituangkan dalam buku Changing For Good, Tahapan Perubahan Model, juga dikenal sebagai Transtheoretical Model, dibentuk sebagai hasil dari penelitian penulis dengan perokok.

komunikasi

Prochaska dan DiClemente pada mulanya tertarik pada pertanyaan mengapa beberapa perokok dapat berhenti sendiri, sedangkan yang lain membutuhkan bantuan profesional. Kesimpulan utama mereka adalah bahwa perokok (atau siapa pun dengan kebiasaan buruk) hanya berhenti ketika mereka siap untuk melakukannya.

Berikut ilustrasi yang dilakukan oleh kartunis dan ilustrator Simon Kneebone tentang berbagai tahap yang dialami seorang perokok ketika mereka mencoba berhenti merokok.

Tahapan Model Perubahan melihat bagaimana keputusan sadar ini dibuat. Ini menekankan bahwa perubahan itu tidak mudah. Orang bisa menghabiskan waktu lama terjebak di panggung, dan beberapa mungkin tidak pernah mencapai tujuan mereka.

Model telah diterapkan dalam pengobatan merokok, alkoholisme, dan obat-obatan. Ini juga cara berpikir yang berguna tentang kebiasaan buruk. Pekerja sosial, terapis, dan psikolog menarik model untuk memahami perilaku pasien mereka, dan menjelaskan proses perubahan kepada pasien itu sendiri.

Keuntungan utama untuk model ini adalah mudah dimengerti, didukung oleh penelitian yang luas, dan dapat diterapkan dalam banyak situasi. Tahapan Model Perubahan adalah model psikologis yang mapan yang menguraikan enam tahap perubahan pribadi :

  • Precontemplation
  • Kontemplasi
  • Penentuan
  • Tindakan
  • Pemeliharaan
  • Penghentian

Bagaimana tahap-tahap ini relevan dengan kebiasaan yang berubah? Untuk membantu Anda memvisualisasikan tahap perubahan dan bagaimana masing-masing berkembang ke tahap berikutnya, silakan lihat roda ini:

  • Tahap 1: Precontemplation

Pada tahap ini, seseorang tidak berencana untuk membuat perubahan positif dalam enam bulan ke depan. Ini mungkin karena mereka menyangkal tentang masalah mereka, merasa terlalu kewalahan untuk menghadapinya, atau terlalu putus asa setelah beberapa kali gagal melakukan perubahan.

Misalnya, seseorang mungkin sadar bahwa mereka perlu mulai berolahraga, tetapi tidak dapat menemukan motivasi untuk melakukannya. Mereka mungkin terus berpikir tentang terakhir kali mereka mencoba (dan gagal) untuk berolahraga secara teratur. Hanya ketika mereka mulai menyadari keuntungan dari membuat perubahan, mereka akan maju ke tahap berikutnya.

  • Tahap 2: Kontemplasi

Pada tahap ini, individu mulai mempertimbangkan keuntungan dari perubahan. Mereka mulai mengakui bahwa mengubah kebiasaan mereka mungkin akan menguntungkan mereka, tetapi mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan sisi buruknya. Tahap ini dapat berlangsung untuk waktu yang lama – mungkin satu tahun atau lebih.

Anda dapat menganggap ini sebagai tahap menunda-nunda. Misalnya, seorang individu mulai secara serius mempertimbangkan manfaat dari olahraga teratur, tetapi merasa tahan ketika mereka memikirkan tentang waktu dan usaha yang terlibat. Ketika orang mulai menyusun rencana konkret untuk perubahan, mereka pindah ke tahap berikutnya.

Kunci untuk berpindah dari tahap ini ke tahap berikutnya adalah transformasi ide abstrak menjadi keyakinan misalnya dari, Latihan adalah hal yang baik dan masuk akal untuk dilakukan untuk Saya pribadi menghargai latihan dan perlu melakukannya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *