12 Ciri Penyakit Hepatitis

12 Ciri Penyakit Hepatitis yang Berbahaya

Gejala atau ciri-ciri seseorang mengalami atau tertular virus hepatitis bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini. Umumnya, jika sudah muncul gejala demikian, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar hepatitis bisa segera ditangani. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri penyakit hepatitis yang berbahaya bila tidak segera mendapat penanganan. Yuk simak!

Penyakit Hepatitis

1. Nyeri Otot

Ketika terjangkit virus hepatitis, secara otomatis bagian otot dan persendian akan mengalami nyeri yang luar biasa. Ini dikarenakan otot pada bagian perut, akan lebih tertarik dan menimbulkan rasa nyeri. Otot nyeri juga akan terjadi pada beberapa otot di area tubuh lainnya sebagai akibat fungsi hati yang tidak lagi seperti semula saat menyaring kotoran pada darah.

Penyakit Hepatitis`

2. Sakit Kepala

Saraf dalam tubuh manusia tidak berdiri sendiri dan tersambung antara satu dengan yang lain. Inilah yang menyebabkan ketika salah satu bagian tubuh mengalami gangguan cukup serius, maka saraf yang lain juga akan terpengaruh. Seperti ketika tubuh merasakan nyeri di bagian tertentu karena hepatitis, otomatis bagian saraf kepala juga akan merasakan dampaknya.

3. Mual

Hepatitis terjadi di sekitar area perut. Hal ini menyebabkan kondisi penderita seringkali merasakan mual pada lambung. Apalagi hepatitis merupakan penyakit yang menyerang bagian hati, yang secara otomatis juga menimbulkan rasa tidak nyaman dibagian perut sehingga memicu mual tersebut.

4. Mudah Emosi

Mudah menularkan emosinya adalah kelelahan yang dirasakan oleh penderita hepatitis. Pasalnya, mereka sudah merasakan beberapa hal seperti nyeri di hampi seluruh tubuh, gelisah. Apalagi ketika organ hati terganggu otomatis kondisi emosional seseorang juga akan dipengaruhi oleh rasa sakit tersebut. Wajar bila kemudian mereka menjadi mudah marah dan tersinggung.

5. Gelisah

Gelisah dan kecemasan yang berlebihan juga menjadi ciri dari penderita hepatitis. Rasa gelisah inilah yang nantinya akan berakibat buruk pada sistem hormonal dan berpengaruh pada kondisi psikologis seseorang.

6. Depresi

Depresi atau stres yang terlalu berat bisa saja dialami oleh mereka yang terjangkit hepatitis. Banyak dari penderita yang telah merasakan sakit ini justru merasa minder dan tidak bersemangat lagi. Kondisi ini membutuhkan tidak hanya perawatan kesehatan fisik tetapi juga dukungan moril bagi mereka.

7. Mudah Lelah

Penderita dengan virus hepatitis aktif akan sering merasa lelah. Biasanya rasa lelah tersebut berasal dari kondisi psikis yang sudah tidak tahan dengan rasa nyeri yang terjadi di bagian hati. Penderita hepatitis memang disarankan untuk sering beristirahat ketika sudah positif terjangkit.

8. Suka Tidur

Penderita hepatitis sangat rentan untuk malas dan menjadi suka tidur. Hal ini disebabkan karena beberapa gejala lain seperti mudah lelah, pusing, mual, nyeri dan sebagainya. Efek suka tidur ini sebagai cara mereka untuk mengalihkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu sebagai gejala hepatitis.

9. Kulit Tampak Kuning

Beberapa bagian tubuh yang akan tampak kuning setelah terinfeksi virus hepatitis adalah kulit. Gejala ini paling mudah untuk diamati ketika seseorang terjangkit penyakit hati atau hepatitis. Muncul warna kekuningan pada kulit yang disebabkan oleh buruknya kinerja hati sehingga sistem pengeluaran pada tubuh juga tidak berfungsi dengan baik.

10. Berat Badan Turun

Penurunan berat badan bisa terjadi ketika semua organ tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Organ hati diketahui bukan hanya sebagai penetral racun saja, tetapi juga berfungsi mengontrol kadar asam amino serta menyimpan kebutuhan mineral pada sistem pencernaan. Bila tidak bisa dilakukan oleh hati, maka berat badan penderita hepatitis akan turun secara drastis.

11 Feses Kaku

Perhatikan juga tekstur dan warna feses ketika buang air besar. Pada penderita hepatitis, feses memiliki tekstur yang kaku dan keras. Hal ini dikarenakan fungsi hati yang sudah tidak mampu lagi melakukan penyaringan, sehingga menjadikan warna feses lebih terang dari biasanya dan bertekstur keras.

12. Demam Tinggi

Ketika terinfeksi virus hepatitis, secara otomatis kinerja hati akan terganggu dan juga berakibat pada terganggunya sistem metabolisme tubuh. Reaksi alami tubuh ketika metabolisme tidak berjalan dengan baik adalah terjadinya demam tinggi yang disertai muntah dan pusing.

Demikian artikel informatif tentang ciri penyakit hepatitis yang berbahaya dan bisa menjadi referensi untuk anda. Semoga bermanfaat!

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *